Selasa, 06 Januari 2009

The Birth Of Jonathan Timothy Sugianto



Seperti perkiraan dr andrew senin pagi kemaren kalo malemnya gue pasti bakalan balik ke rs :)

Gue flash back ke kejadian semalem yah, sekitar jam 8an kan alex balik dr roxy trus dia mandi2 n gue masi nyantai2 ngadpet blog n sempet pula ntn tv abisnya ada film yg lumayan sich tapi uda lupa film apaan, soalnya gue updet blognya uda tgl 11 br flashback :)

Trus sekitar jam 10 perut gue kontraksinya uda ga main2, makin intens akhirnya gue suruh alex n nyokap siap2 trus gue turun ke mobil pas duduk di bangku penumpang belakang gue ga pindah ke depan soalnya dah susah banget dibarengi ama sakit kontraksi, gue ngerasain kalo ada air yg ngerembes keluar tapi masi ga gitu banyak tapi gue yakin kalo itu air ketuban lgs gue bilangin nyokap manggil alex cepet turun ke mobil.

Kita masuk lewat tol tapi selama di perjalanan perut gue makin sakit banget, so gue dah ga perhatiin jalan lagi n alex mungkin agak2 gugup juga jadi salah jalan soalnya perasaan gue tolnya ga sepanjang itu ternyata pas gue liat alex dah ngelewatin pintu tol kemayoran jadi uda menuju arah priok duh makin senewen deh, akhirnya kita keluar tol priok n alex ambil martadinata tapi jalanan sana banyak yg jelek kerendem banjir jadi makin sakit aja perut gue ngelewatin jalanan yg rusak parah, trus ga tau jalan pula ke podomoro kita ambil arah yg salah pula ke sunter mall, akhirnya puter balik baru dapet deh ke arah hermina, gara2 salah jalan jadi 1 jam br sampe padahal biasanya cuma 20mnt-an.

Perut gue kontraksinya makin hebat, nyampe sana masi paksain turun sendiri tapi alex dah panggil perawat buat ambilin kursi roda akhirnya gue masuk lift naik kursi roda, trus dibawa masuk ke ruang bersalin, sambil nanyain dokter andrew dimana, ternyata masi praktek ampe jam 11 abisnya rame banget hari ini n ternyata ada 1 pasiennya yg mo ngelahirin juga aman deh.

Gue langsung ke toilet mo pipis n gue ngeliat kalo di cd ada flek dikit doank sich, abis itu tiduran di ranjang eksekusi n di-klisma tapi ga sempet dikasi obat pup dr anus, untungnya tadi dirumah dah pup sich, trus dipasang abocat n diambil darah buat lab ini nich susternya rese masa besoknya gue buka plester yg nutupin bekas suntikannya ternyata pembuluh darah yg diambil pecah jadi memar lumayan gede ampe kaya dicubit ama raksasa aja >.<

Trus diperiksa pembukaan uda pembukaan 4, mulesnya makin intens banget mana gue lg dengerin proses orang sebelah yg ngelahirin pula dia ga kuat ngeden ampe akhirnya divakum, sebelumnya dr andrew visit dulu ke gue nanyain kabar gue, tapi gue dah terlalu lemes utk senyum, trus gue masi sempet dianamnesa (ditanya2in data diri n suami) duh bikin bt deh uda lg sakit2nya malah ditanya2 bikin tambah mules aja.

Ampe akhirnya diperiksa dalem lagi dah pembukaan 7, pantesan rasanya dah kaya mo nonjok org gue pas lagi sakit2nya bener2 pengen meremes org, nyokap gue minta taro benda dikaki gue biar bisa buat gue pijek2 kalo lagi dateng kontraksinya, ini pembukaannya cepet banget cuma 15mnt lgs buka 4cm mungkin karna anak ke2 makanya cepet banget prosesnya tapi karna sangking cepetnya gue sempet mual n muntah2 untungnya cuma keluar air n timun tadi pas makan uduk, karna terlalu kuat kontraksinya makanya agak2 ga tahan, kalo pas jevaughn kan sakitnya yg paling sakit dr jam 1 siang ampe 5 sore jadi agak2 bertahap.

Pas jam 12 gue diperiksa uda bukaan 10cm, n disuruh lgs ngeden n dr andrew uda lgs dampingi gue trus dgn disupport 2 bidan n 1 dr anak yg yell2 kasi semangat gue ngeden cuma 2x ga sampe 1mnt dah keluar kepalanya nathan, tapi sebelum keluar gue ngerasain panas kaya kesilet miss v gue, emank ga sampe di episiotomi sich, trus ngeden 2x lagi buat keluarin pundaknya, ga kaya yg jev kan diepisiotomi jadinya pas dah keluar kepalanya lgs dibantu tarik pundaknya, kalo si nathan bener2 kekuatan gue sendiri buat ngeluarinnya, rasanya lega banget pas keluar.

Trus gue kan minta imd jadi nathan cuma dibersihin seadanya n diselang sebentar aja, abis itu lgs dikasi ke gue trus dr andrew kali ini nungguin plasentanya lahir agak lama kalo yg jev lbh cepet, abis itu gue nungguin nathan nyari puting gue, agak lama sich uda ampe 1/2 jam lbh blm nyari2 juga mungkin dia agak cape ama proses persalinan tadi jadinya masi lemes, gue ampe ga enak ati ama suster yg nungguin, gue suruh ga usa ditungguin tapi dianya ngotot kudu nungguin soalnya belum cap kaki nathannya, akhirnya dr andrew setelah plasenta gue lahir lgs jahit miss v soalnya ada robek dikit, gue ngerasa banget padahal katanya uda dibius cuma karna gue masi excited ama nathan jadi agak2 cuek beibeh deh.

Nathan lahir dgn nilai apgar baik, begitu lahir aja dia dah lgs nangis kenceng banget, akhirnya sekitar dah 1/2jam-an susternya minta ijin buat bawa nathan mo dicap kaki dulu, yah uda gue bilang tapi bentar aja yah, abis gitu ga sampe 5 mnt nathan dibawa balik lagi ke gue nah sekitar 15mnt kemudian nathan dah dapet deh puting gue n mulai ngenyot rasanya enak deh mengalir gitu aja, setelah itu nathan dibawa ke mesin penghangat n gue terlalu excited utk bobo, jadi sekitar blm jam 3 gue dah turun ranjang mo pipis soalnya pas lg kontraksi gue banyak minum jadi pengen pipis banget, susternya aja kaget ngeliat gue turun ranjang sendiri n jalan ke toilet pipis, untungnya gue ga ngerasa puyeng samsek.

Pokoke Tuhan menjawab doa gue deh sebelum, selama n setelah persalinan segala sesuatunya dimuluskan n gue merasa kuat banget karna Dia yg memberi kekuatan n kesehatan buat gue n nathan.

Jonathan Timothy Sugianto lahir pada 6 Januari 2009 pukul 00.05wib di Hermina Podomoro bb 3.115kg pb 49cm beda 5 mnt ama tgl ultah gue, cuma dlm waktu 1 jam sampe di rs nathan dah lahir, mungkin kalo ga telat nyampe rs gue bisa ngelahirin tgl 5 tapi gpp tetep aja jonathan hadiah terindah buat ultah gue :)


The meaning of Jonathan : Gift Of God, manliness, generosity n unselfishness
Timothy : Honoring God
Sugianto is alex's last name

Tidak ada komentar: