Jumat, 17 Juli 2009

Bangkok 2nd Day : Along Chao Phraya River

Thanks to blognya nat n angel gue n alex jadi berani jalan sendiri tanpa ngikutin tour ke bkk, mereka ngelist-in iti perjalanannya detail banget, gue ampe ngikutin semua schedule nya mereka, palingan diupgrade dikit lah jadwal jjl-nya.

Walaupun selama ini hanya jadi passive reader di blognya kalian tapi banyak bener cerita yg inspiring deh, pengen banget bisa kenalan ama mereka, tapi gue orangnya agak introvert sich ga terlalu nyaman aja kalo ngomong lgs ke orgnya, perhaps 1 day gue bisa ngajak mereka kenalan :)

Gara2 alarm hp ga gue matiin jadi jam 6 tetep aja bunyi padahal tuh hp percuma g bawa ga bisa fungsi tuh pake xl hiks tau gitu g bawa matrix aja, jadi bangun deh jam 6 tapi emank dah waktunya kudu mompa juga seh.\

Abis mompa mandi n jam 8an turun kebawah sarapan, duh breakfastnya lumayan lengkap dah kaya nginep di jayakarta hotel sekelas bintang 4 lah nich hotel, lumayan rame juga banyak org bulenya, enak2 makanannya.

Selesai makan ke kamar lagi mo online ama anak kantor, tapi mic mereka ga bisa berfungsi jadi g ngomong mereka balesnya pake ketik, duh uda kaya ngomong ama org bisu aja, tapi lumayan lah bisa ngeliat mukanya anak gue, jev aja sich soalnya nathan lg bobo, tapi lumayanlah memuaskan rasa kangen gue ke anak2 walaupun ga bisa dgr suara mereka :)

OL bentar sekitar 1/2 jam-an abis itu, jalan naik taxi ke saphan taksin central pier 100baht, untung aja gue dah belajar dr pengalaman nat jgn ampe beli tiket buat bts soalnya g ga ada rencana naik bts jadi kita ga naik ke atas, lgs ngikutin para bule2 kearah sungai, beli tiket yg all day pass kaya di blognya angel 150bath/person x 2.

Nunggu 10mnt dateng deh boatnya g lgs aja bela2in duduk dipinggir kiri eh ternyata airnya yg coklat ciprat2 jadi gue ngibrit ketengah deh, walaupun jadinya buat foto2 ketutup ama kepala bule2 tapi drpd keciprat air sungainya mending di tengah deh aman, o iya banyak banget lo bule2 di bkk kayanya emank musim liburan mereka nich.

berhentinya ngurut kaya yg dibawah cuma kita ga turun ampe ke pier 6 baru turun karna Grand Palace tutupnya jam 3an mending ke yg jauh sekalian dulu deh.

Pier 1 setelah Sathorn Taksin Pier adalah Oriental Pier.
Disebut oriental pier mungkin krn oriental hotel lokasinya di deket sini, pas di pinggirnya. Kata Tur guide nya, Oriental hotel hotel yg paling bgs di Bangkok... gak tau deh, setau gue di Bangkok ada Banyan Tree yg kayanya lbh bgs dari Oriental, tapi ga tau jg deh..

Di sini kita gak turun, krn gak ada apa2 hehehe.. klo tgl di hotel Oriental mereka ada kapal sendiri, lbh bgs dari kapal yg gue pake tentunya..hueheue..

Pier 2: Si Phraya Pier
Disini ada River city, the famous arts and antiques center in Bangkok.
Kita jg gak turun di pier ini.

Pier 3: Ratchawongse Pier
Kalau mau ke China Town atau Yaowarat turun disini.
Kia belum kesini karna pengennya pas terakhir aja baru kesini.

Pier 4: Memorial Bridge Pier
Disini ada Flower Market, vegetables and fruits.
kita gak mampir disini.

Pier 5: Tha tien Pier
Disini ada, Wat Pho temple ( big budha statue), Wat Arun (temple of Dawn)
mengingat Grand palace tutupnya jam 3 an, sedangkan wat pho tutup sampe jam 5, kita jadi gak turun disini. abis dr grand palace baru kesini aja. sekalian rutenya mundur sampe ke china town.

Pier 6: Maharaj Pier
Disini ada Wat Pra Kaeo (The Emerald Budha), Grand Palace dan National Museum dan ada yg lainnya.

The Grand Palace
Open Daily: 0830-1530, entrance fee 350 bath/ person

Nyampe disini dah ampir jam 1an alex dah mulai bt kalo kelaperan mana ga tau jalan pula ampe bolak balik di tempat yg sama terus, akhirnya mending nyari tempat makan dulu deh, masuk ke pasarnya nemu toko yg jual kuah2, g mesen mie kuah buat alex n gue kaya kinci kuah gitu deh ama minum abis 83bath x kurs waktu gue beli 305 murah kan ^^

Abis makan nyari jalan lg ke GP eh ternyata ujan lumayan kenceng emank sih cuaca dr pagi berawan banget, sebenernya ini cuaca yg sangat pas buat jjl ga usa takut kepanasan, cuma karna alex bawaan nya bt gue jadi ikut2an bt, dia sewot gue suruh foto2in gue mulu pake dslr katanya kegedean males dia bawanya.

Padahal uda gue yg bawain cuma kalo pas mo difoto kan kudu dia yg fotoin dunk, karna uda bawaanya bt yah uda pas nyampe GP n ngeliat tiket masuknya 350bath = 100k uang rp/org ga jadi deh drpd rugi cuma tgl 1jam-an waktu kita didlm n ga sempet keliling semua, akhirnya kite cuma keliling di dpn pelatarannya aja, lagian rame banget banyak anak sekolah pd study tour n bule2 bener2 crowded deh makanya alex tambah spaneng kalo di keramean kaya gitu.

Lgs aja kita cabut ke wat pho temple naik boat lg, nah disana lumayan tuh bisa foto2 n ga terlalu crowded jadi alex ga gitu spaneng bagus juga tempatnya uda gitu ga usa beli tiket pula ^^

Gue ajak nyebrang ke wat arun alex ga mau yah wis lah lagian juga cuma temple2 doank, gue di dpn wat pho makan ayam panggang ditusuk kaya sate, nah yg ini gue kemahalan nich belinya masa 1 tusuk 30bath emank sich bagian paha atas tapi cuma 1 doank, padahal td di dkt GP gue beli camilan 5 tusuk cuma 25b doang yah u
da terlanjur yah wis deh kita makan sambil minum di dpn wat phonya.

Abis itu lanjut lg naik boat ke arah china town, disini china town nya kaya di daerah ps pagi banyak banget yg jual grosiran pernak pernik, di thai lebih parah loh pedagang kaki 5 nya tersebar di semua daerah sampe2 di dpn gedung jalan protokol juga banyak banget, tapi enak sich kalo mo jajan gampang cuma kurang rapi aja keliatannya.

Di china town beli es kelapa enak banget pake es krim+alpukat yummy cuma 20b, trus ngeliat2 emas2nya gilingan deh mahal banget kok ga kaya yg waktu itu yah di hatyai tapi yg disini emang 23k sich katanya kalo yg dulu gue beli kan 18k jadi cuma kaya polesan aja.

Uda cape keliling2 sebelum pulang beli kacang pistachio 140b, trus nyari taxi ampe 4x ditolak mulu padahal uda g tunjukin kartu nama hotel, gimana kalo ga pake name card bisa ga bisa balik lg ke hotel deh >.<

Di dlm taxi ngobrol2 ama drivernya ternyata dia lumayan fasih bhs inggris n dia nawarin kita mo pake jasa dia ga ke safari besok cuma karna jadwal gue besok chatuchak weekend market so ga bs deh mending hari minggu aja so nanti dia telp kita lagi deh.

Nyampe hotel sekitar jam 4an beres2 trus mompa n g keasikan berinet ria sambil upload foto sementara alex ketiduran akhirnya kita baru bisa keluar jam 7 lewat mo beli makanan n air soalnya di hotel td mo beli air yg gede abis akhirnya beli air kecil 20b 2 btl.

Disini jam 6 an masi terang baru mulai gelep jam 7, karna keasikan di dlm kamar htl jadinya kita keluar dah jam 7.30-an karna ngeliat jalanan masi macet banget n perkiraan kita kalo ke pantip plaza deket tgl lurus dong sich soalnya masi di jalan yg sama ama hotel kita.

Ternyata o ternyata lumayan jauh juga loh ampe ngos2 kita jalannya, mana kudu naik jemb penyebrangan pula buat nyebrangnya tinggi bo.. tapi ada plusnya kita kalo jalan banyak ngelewatin street vendor disana yg ngejual berbagai macam makanan :) tapi karna kita masi mo jalan ke pantip so pulangnya aja deh baru beli.

Pas jalan lumayan lama, ketemu kedutaan indo n nanya ama securitynya ternyata pantip tuh dah disebelah embassy-nya hehehe

Ternyata pantip tuh kaya m2m nya jkt jualan kompie kebanyakan, jadi ga ketemu deh yg dicari alex lagian kita nyampe sana dah lumayan malem jam 8an so uda banyak yg tutup, pas kita balik mulai dhe gue hunting makanan tadi kan ngelewatin yg jual sushi di pinggir jalan bo, beli 10 gratis 1, 5 bath/piece nya 1.525 tuh murah nian kan gue beli 20 pieces.

Trus balik lagi ke tukang jual duren yg tadi gue lewatin n beli 2 bungkus ternyata dia ada jualan sticky rice manggo THB 25 beli deh 1 soalnya alex ga mau total ama 2 bks duren 85bath, sebenernya masi banyak lagi makanan yg lain di sepanjang jalan cuma alex dah ga niat makan so ga beli deh.

Abis itu ketemu 7 11 beli minum 2 btl cuma 20bath botol gede pula, jalan baliknya lumayan jauh lagi deh :)

Hari ini bener2 cape seharian jalan, tapi hati seneng banget nyampe htl makan sushinya sendiri soalnya alex ga mau duh ampe full banget trus gue makan sticky ricenya enak banget sayang gue cuma beli 1 bks mana rebutan pula ama alex, pengen balik lagi beli tapi ampe hari terakhir di bkk ga kesampean soalnya kejauhan :)