Kamis, 24 April 2008

Kasihnya Sepanjang Masa

kasih ibu kepada beta
tak terhingga sepanjang masa
hanya memberi
tak harap kembali
bagai sang surya menyinari dunia


waktu kecil gue suka nyanyiin lagu ini, tapi cuma sekedar nyanyi doank. Udah besar udah ngerti arti dari lagu ini, apalagi setelah mengalami sendiri besarnya kasih sang mama tercinta sampai gue sebesar ini.

gue ingin sedikit mengingat lagi perjalanan hidup gue yg 80% dibawah asuhan mama.

Gue sangat bangga dan bersyukur krn sudah di lahirkan dari rahim seorg mama yg amat sangat tough dalam menjalankan hidup. Dari sejak kecil kehidupan keluarga mama yg belum berkecukupan, membuatnya menjadi wanita yg lebih kuat bahkan lebih kuat dari seorg laki2.

Sampai pada suatu saat dimana roda kehidupan memang bener2 berputar. Berangsur-angsur akhirnya kehidupan keluarga kita semakin membaik. Walaupun kita ga pernah pindah dari jemb V ampe sekarang nyokap bokap n 2 dede gue masi tinggal di TSS gg panca krida I/31, tapi hidup kami sangat bahagia, dulu sebelum freddy ade gue yg ke3 lahir kita masi bisa tiap minggu jjl ke supermarket yg gue inget Golden truly tapi semenjak ada 3 org anak biaya hidup makin meningkat so budget utk jjl dipangkas.

krn bokap dr dulu kerja ama org, sebelum gue lahir katanya bokap buka usaha travel agent krn ditipu ama rekan bisnis n best friend-nya jadi dia bangkut n trus kerja ama bos-nya di sawah besar ampe kira2 taon 1998 dia kerja di taiwan so resign drsana gaji terakhir dia disana aja cuma 300-400rb doang mana cukup utk biayain 5 mulut n mo sekolahin 3 org anak.

disitulah peran nyokap sangat penting buat keluarga kita dia dari dulu di rumah tapi bantu2 cari uang buat biaya kita org sekolah, mulai dari menjahit baju buat konveksi sambilan jaga kita org yg masi kecil2, walaupun dibantu ama popo gue utk take care kita org ampe gue masuk sd trus popo gue pindah ke tmpt paman gue di gading.

Titik balik roda perekonomian kita mulai membaik dimulai dr nyokap buka usaha makanan walaupun pertamanya dia bareng ama ade-nya (ii) di krekot n akhirnya ketemu tempat baru di jl labu di dkt hotel jayakarta tahun 1999-2008 itupun krn mereka sudah cukup lah berusaha sampai uda umur 50an so kita kasi retired krn menjual makanan itu sangatlah cape gue tau itu krn dulu gue pernah menjalani-nya.

Karna latar belakang dirinya yg tidak mampu menggapai pendidikan yg jangankan tinggi, yg layak pun susah sekali utk di capai pd jaman itu, maka mama bersikeras utk menyekolahkan anak2 nya setinggi mungkin, cewe cowo semuanya harus rata. Jaman2 nya sebelum krismon, Puji Tuhan tidak byk kendala yg di hadapi utk menyekolahkan kami walaupun hanya tamat SMA. sampai pada hari ini ke tiga anak nya sudah dibiayai sampai lulus. Kita semua tidak akan bisa seperti skrg tanpa jerih payah mama.

Kita amat sangat mengerti dan melihat jatuh bangun mama (dan juga papa tentunya) utk menjadikan kita spt skrg ini. Tapi pengorbanan mama lebih besar dari segala nya. Semangat kerjanya tidak pernah punah sampai detik ini sekalipun. Patut di acungi jempol, karna dibandingkan gue yg masih muda di bandingkan mama saja masih suka mengeluh kelelahan menjalani semua pekerjaan rumah tangga sendirian. Padahal apa yg mama kerjakan itu lebih byk dari kita.

Setiap pagi dia harus bangun jam 4, mama memilih utk mengerjakan pekerjaan rumah yg dia bisa kerjakan sendiri ketimbang menyuruh pembantu, walaupun ada pembantu di rumah. Mama juga lebih memilih utk jalan kaki ke pasar tradisional dari pada nungguin tukang sayur gerobakan lewat demi mendapat sayur yg fresh. Mama juga selalu masak sendiri utk papa dan anak2 nya. Selain sbg ibu rumah tangga, dia jg harus membantu papa dalam usaha yg kita miliki. diluar jam kerja dia kembali lagi sebagai seorg istri dan ibu utk keluarganya.

jaman dulu kita masih sekolah, semua seragam pasti mama yg sempat2in jait sendiri. kalau ada masalah sekecil apapun, yg paling di beritau pertama kali pasti mama, gak ada yg brani ngadu ke papa duluan.

Mama juga yg selalu ambil raport kita dari jaman TK sampe SMA. mama juga yg tau urusan percintaan anak2 nya. bahkan sampai sebesar ini, mama selalu masakin kita makanan enak klo kita pulang ataupun klo pas mama dtg berkunjung.

Mama jaman dulu adalah mama yg galak...gak jarang deh gue di pukul sampe biru2. Tapi mama yg sekarang adalah mama yg bijak, yg sangat gue sayangi. Perhatiannya gak pernah berkurang sedikitpun. Gue sampe gak berani membayangkan apa jadi nya kita tanpa mama. Gue sadar waktu jaman dulu mama galak itu pasti karna utk kebaikan kita juga.

Dibalik keterpurukan perekonomian keluarga, dan semua masalah2 lain dalam keluarga ini, mama juga yg stand still utk kita smua, mama jg yg mendukung dan mensupport papa disaat masalah besar menimpa papa. Sebagai seorg wanita dia jg pernah merasa disakiti, tapi dia tetap kokoh di depan anak2nya. Dia tenggelamkan semua kepentingan pribadi nya, kebahagiaannya, demi siapa lagi klo bukan demi kita anak2nya.

Gue belum bisa membalas semua kasih mama dgn sempurna tapi akan gue coba membahagiakannya semampu gue. Hanya doa dan kasih sayang yg bisa gue berikan. Dan lewat cerita gue ini, gue mo bilang ke seluruh dunia, kalau gue sayang bgt sama mama. God please dont take her away from my life yahhh.

I love you ma... kata2 ini gak pernah gue ucapkan sunguh2 ke mama, karena hati gue pasti akan luluh duluan sebelum gue menyebut 3 kata itu, air mata pasti akan menetes duluan, dan gue gak mau mama melihat gue menangis didepannya, karna apa yg dia inginkan adalah kebahagian kita anak2nya.

Thanks for everything ma, your love to us is more than anything in this world. I wish I can be as strong as you upon my future children. I wish can always smile to my children even though the burden is teribly let you almost down.

Kasihmu adalah surga bagiku..We all love you...

Tidak ada komentar: