Sabtu, 06 Februari 2010

My Breastfeeding Story

Kali ini saya mau sharing soal masa2 menyusui, anak pertama cuma menyusui selama 14bln karna saya masi belum terlalu ngerti itupun melalui pompa, kalau anak yg ke2 ini saya bertekad harus bisa sampai 2 thn, walaupun kadang2 sudah memasuki masa2 boring n empet ngeliat pompa ^^

Padahal asi saya termasuk kategori yg berlebih, karna saya dpt memberikan asi perah kepada anak pertama saya selama 14 bln, makanya untuk anak ke2 ini saya bertekad untuk menyusui langsung tapi apa daya keadaan yg tidak memungkinkan, minimal saya sudah menyusuinya selama 2,5 bln, walaupun proses melaluinya sangat2 butuh perjuangan pertama2 asi saya sangat banyak jadi kalo pertama2 disusui pasti langsung muncrat2 n nathan selalu nangis keselek n kebanyakan keluarnya maka saya selalu pompa keluar terlebih dahulu, biar kata menyusui langsung tapi tetep aja kudu pake botol n pompa hiks.. tapi belakangan saya syukuri karna kalo ga gitu saya ga belajar stock buat anak pertama saya.

Berkat pengetahuan dari milis asi for baby saya jadi bisa me-manajemen asip untuk distock di freezer, sampai stock asip saya hampir memenuhi freezer 300lt, padahal sudah saya kasi minum ke anak pertama saya setiap harinya 3x300ml, pada 2 bulan pertama saya melahirkan setiap kali perah saya bisa dapet 500ml 6xperah/hari sehari jadi kurang lebih 3 lt, keluarga saya kaget banget ngeliat stock saya, jangankan mereka saya aja sampe takjub dg stock asi saya, maklum waktu anak pertama tidak sebanyak itu karna saya tdk mengetahui manajemen asip yg benar, saya uda kaya sapi perah aja diledekin oleh keluarga saya.

Tapi saya beruntung amat sangat didukung oleh keluarga terutama oleh suami saya yg sangat aware kalo asi sangat bagus untuk balita, sampai2 saya sering banget diajak ke restoran jepang makan sushi yg notabene makanan kesukaan saya bukan dia, thanks hub.

Bukti yg paling signifikan khasiat asi adalah anak pertama saya sejak 14bln kan minum sufor sering banget sembelit sampai suka berdarah segala macam sufor uda saya coba tapi tetep sembelit, padahal dia suka saya kasi buah n minum air putih banyak, tapi sejak adiknya lahir n saya mulai kasi dia asip sampai sekarang tidak pernah sembelit laggi dan lebih ajaibnya lagi waktu dia berumur 2 thn (sebelum dia minum asip lagi) bb nya cuma 12,5kg tapi sejak minum asi saya lagi dlm waktu 5 bulan bb nya menjadi 17,5kg n tingginya 1 mtr, spa nya aja sampe takjub jadi bagus badannya jev, jadi saya mau memberi semangat ke para mommies, anda pasti bisa memberikan yg terbaik buat anak2 anda.

Buktinya lagi nathan mungkin sembuh dr VSDnya berkat asi, dan hari ini saya boleh berbangga hari dapat mendonorkan anak temen saya (4bln) yg masuk icu dgn asip saya, memang ibunya gagal saya doktrin asi eklusif karna jarang kontek2an, semoga babynya bisa lekas sembuh.

Hidup asi always //(^.^)//

Tidak ada komentar: